History Pilkada

Pilkada Kabupaten Toba Samosir, Maruli Siahaan Tawarkan Tagline, Visi Misi dan Program Prioritas

#Hastagnews ~ Mantan pejabat utama Polda Sumatera Utara, Kombes Pol (Purn) Maruli Siahaan bertekad untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 nanti. Untuk itu, dia punya tagline Toba Samosir Bestari.

Bertari sendiri menurut Maruli merupakan singkatan dari bersih, edukatif, sejahtera, toleran, aman, ramah dan industri. Dia menjelaskan, bersih yang dimaksud adalah pada masa pemerintahannya nanti, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir harus memiliki sikap yang peduli dengan lingkungan sekitar dengan senantiasa tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungannya.

“Edukatif, Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten yang mengedepankan proses edukasi dalam setiap sisi kehidupan serta senantiasa membangun dan membudayakan perilaku mendidik bagi warganya,” lanjut dia sebagaimana keterangan yang diterima wartawan pada Senin (14/10/2019).

Adapun sejarah, lanjut Maruli, yakni Kabupaten Toba Samosir menjadi daerah dengan masyarakat yang hidup sejahtera. Tentunya dengan dukungan prospek lapangan kerja yang memadai, serta pertumbuhan industri kawasan yang menjanjinkan di masa mendatang.

Lebih lanjut Maruli menjelaskan, toleran dalam tagline nya berarti pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir harus memiliki sikap saling menghargai, serta mampu menerima berbagai perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Baik itu perbedaan suku, ras maupun golongan.

Maruli kemudian menjelaskan tentang makna aman dalam tagline yang dia tawarkan. Yakni berarti Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten yang bebas dari berbagai bentuk gangguan, ancaman, kekhawatiran serta rasa takut sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya.

Selanjutnya, tambah dia yakni ramah. Maknanya adalah pemerintah dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir akan selalu menjunjung tinggi budaya dan sikap ramah baik terhadap sesama maupun terhadap para pendatang ke Kabupaten Toba Samosir.

“Industri, Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten yang mengembangkan dan menjadi pusat perdagangan barang dan jasa baik untuk tingkat wilayah Sumatera Utara, nasional dan internasional,” tandasnya.

Visi dan Misi

Bukan hanya tagline, Maruli juga punya visi dan misi untuk ditawarkan kepada masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Visinya adalah menjadikan Kabupaten Toba Samosir sebagai kota yang nyaman, unggul, berkarakter, serta bardaya saing berbasis industri.

Sementara itu misi dari Maruli adalah mewujudkan reformasi birokrasi melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih agar mampu memberikan pelayanan publik yang prima dan terpercaya. Kemudian memelihara keamanan dan ketertiban umum demi terwujudnya kenyamanan dan keamanan Kabupaten Toba Samosir.

“Mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Mewujudkan sistem tata Kabupaten dan penataan ruang Kabupaten yang handal, terpadu, selaras dan seimbang serta mencerminkan keberlanjutan masa depan lingkungan,” imbuhnya.

Misi lain dari Maruli adalah membangun sarana dan prasarana lingkungan serta pemukiman yang nyaman, asri, bebas banjir dan ramah lingkungan. Kemudian memelihara dan melestarikan budaya lokal dalam rangka membangun karakter masyarakat.

Misi selanjutnya adalah mewujudkan Kabupaten Toba Samosir sebagai pusat industri dan penghubung perdagangan barang dan jasa di Sumatera Utara, nasional dan internasional.

“Menciptakan peluang dan kesempatan kerja seluas-luasnya.
Mewujudkan masyarakat Kabupaten Toba Samosir yang berketuhanan, berbudaya unggul dan menghargai kemajemukan masyarakat Kabupaten Toba Samosir,” tambah Maruli.

Program Prioritas

Keseriusan Maruli untuk memimpin Kabupaten Toba Samosir dari tahun 2020 hingga 2025 mendatang tak bisa dianggap enteng. Sebab, tak hanya menawarkan tagline, dan visi misi, Maruli juga menawarkan beberapa program prioritas kepada masyarakat setempat.

Program prioritas yang pertama adalah reformasi birokrasi. Dijelaskannya hal itu bertujuan untuk mewujudkan birokrasi Kabupaten Toba Samosir yang profesional, handal, transparan serta efektif dan efisien. Konkretnya adalah dengan menerapkan akase masyarakat dengan sistem online dalam berbagai urusan kependudukan dan pemerintahan, menempatkan sumber daya manusia yang handal dan profesional sesuai bidang dan tingkat pendidikannya, mewujudkan sistem pelayanan prima yang bebas dari berbagai praktik pungutan liar dan gratifikasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik aparatur pemerintah maupun masyarakat melalui pemberian program beasiswa, dan menerapkan sistem promosi jabatan berdasarkan kompetensi dengan melibatkan peran serta masyarakat.

“Melakukan revitalisasi pelayanan kesehatan yang prima secara kontinu bagi seluruh unit pelayanan kesehatan yang dikelola pemerintah Kabupaten Toba Samosir, revitalisasi perusahaan daerah menuju perusahaan daerah yang mandiri, unggul dan berdaya saing, menjamin terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat atas layanan publik,” imbuhnya.

Program unggulan kedua, lanjut Maruli adalah mewujudkan penegakan hukum yang secara konsisten, dan sesuai dengan kewenangan pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Hal itu agar menciptakan Kabupaten Toba Samosir yang aman dan nyaman. Ujung-ujungnya, tindak kriminal serta konfil sosial di tengah-tengah masyarakat akan semakin menurun.

Selain itu, Maruli juga ingin memberikan jaminan keamanan atas pelaksanaan aktivitas keagamaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, melakukan pemantauan dan pengawasan secara kontinu dan konsisten terhadap kinerja aparatur sipil negara untuk memastikan bahwa masyarakat Kabupaten Toba Samosir benar-benar dilayani dengan baik, menegakkan peraturan daerah yang berkaitan dengan penataan ruang dan peraturan daerah lainnya secara konsisten.

“Menyediakan layanan pendampingan hukum bagi masyarakat tidak mampu secara ekonomi serta memiliki keterbatasan akan akses dan pengetahuan hukum,” ujarnya.

Dia juga ingin mengajak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Samosir untuk membentuk peraturan daerah yang lebih aspiratif dan mudah diwujudnyatakan dalam tataran implementasinya.

“Menjalin kerjasama dengan lembaga penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan lembaga lainnya dalam rangka penegakan hukum yang lebih berkeadilan,” tandas Maruli.

Program unggulan ketiga adalah terkait lingkungan hidup. Yang mana Maruli ingin pemerintahannya kelak mampu memelihara kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup, meningkatkan kualitas prasarana dan sarana lingkungan yang lebih efektif dan efisien, serta pengelolaan sampah yang lebih produktif dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Terkait itu, pihaknya juga ingin mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan cinta lingkungan serta menjaga keasriannya, melakukan penataan kawasan atau ruang terbuka hijau secara konsisten sebagai sarana bermain, olahraga dan seni.

Membangun kerjasama pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan antara pemerintah dan swasta, menerapkan konsistensi penegakan hukum dalam rangka pengendalian lingkungan, menjamin terlaksananya rencana tata ruang wilayah secara konsisten dan terpadu, membangun bank sampah yang dapat dikelola dengan masyarakat guna menjadikan sampah sebagai bahan produktif, lalu meningkatkan peran serta keterlibatan masyarakat Kabupaten Toba Samosir dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten, sehingga pelaksanaannya dapat dipantau langsung oleh masyarakat dan turut bertanggungjawab menjaga lingkungannya.

Program prioritas keempat kata Maruli berkaitan dengan industri dan ekonomi. Di bidang itu, Maruli ingin menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing,
Mendorong pengembangan usaha-usaha industri kecil menengah masyarakat dalam rangka pertumbuhan dan stabilitas perekonomian Kabupaten Toba Samosir.

Dia juga ingin melakukan penataan usaha-usaha sektor informal seperti penyediaan Selter pedagang kaki lima yang lebih layak dan lebih manusiawi, menciptakan prospek lapangan kerja yang mampu menampung angka pengangguran menjadi tenaga kerja produktif, membangun sistem transportasi yang mampu memberi daya tarik bagi investor, baik dalam maupun luar negeri, khususnya sektor industri, perdagangan dan jasa.

“Kemudian mensinergikan penanggulangan kemiskinan dengan membuka akses permodalan usaha, beban ekonomi yang lebih murah dan pembukaan akses lapangan pekerjaan melalui pembangunan kawasan industri yang lebih berdaya saing. Memberikan stimulan usaha ekonomi produktif bagi masyarakat miskin perkotaan. Menyusun master plan dan business plan perdagangan dilengkapi prasarana dan sarana yang memadai,” urainya.

Program unggulan atau prioritas kelima adalah terkait dengan infrastruktur. Sebab, dia mengaku sangat ingin meningkatkan pembangunan prasarana dan sarana Kabupaten yang berkelanjutan dan mencerminkan tata kabupaten yang terencana, terpadu dan terpantau. Untuk itu, dia berencana untuk mengalokasikan pendanaan yang lebih memadai dalam rangka membangun infrastruktur kabupaten yang terencana dan berorientasi pada upaya mengatasi masalah secara merata.

Tak lupa, Maruli juga ingin melakukan penataan sistem transportasi yang mengedepankan upaya menanggulangi kemacetan dan lebih ramah lingkungan, kemudian melakukan normalisasi saluran sungai secara berkesinambungan, khususnya sungai yang berpotensi menimbulkan banjir.

“Lalu melakukan pembangunan sistem drainase kabupaten di wilayah permukiman masyarakat, membangun masterplan penanggulangan genangan air dan banjir di Kabupaten Toba Samosir, membangun taman-taman publik yang ramah anak, perempuan dan kaum difabel,” paparnya.

Program prioritas selanjutnya adalah terkait dengan kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk itu, Maruli ingin pemerintahannya nanti mampu mengatasi kemacetan dengan sistem perekayasaan lalu lintas kabupaten yang lebih terkontrol.

Dia juga berencana memberdayakan penggunaan sistem transportasi massal untuk mengurai kemacetan, memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum, memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh masyarakat Kabupaten Toba Samosir, memberdayakan aparat lingkungan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di setiap wilayahnya, serta menyediakan area-area parkir yang memadai dalam rangka kenyamanan pengendara dan seluruh pengguna sarana-sarana publik.

Program prioritas terakhir adalah terkait dengan agama, budaya dan pendidikan. Konkretnya, Maruli ingin masyarakat setempat meningkatkan budaya toleran dalam kehidupan sehari-hari dengan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Caranya adalah dengan melibatkan tokoh-tokoh agama dalam setiap proses pembangunan yang berhubungan dengan rumah ibadah dan pelaksanaan ibadah masing-masing agama sehingga tercipta suasana yang benar-benar kondusif, memfasilitasi kegiatan-kegiatan keagamaan dengan melibatkan seluruh tokoh agama dalam pelaksanaannya, memberdayakan lembaga-lembaga ekonomi berbasis agama sebagai salah satu sarana pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Sementara itu dalam bidang pendidikan, Maruli pun ingin membangun daya saing masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan dengan merancang sejumlah program unggulan, melakukan penyebaran guru secara merata di seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Toba Samosir, demi menjamin tercukupinya tenaga pengajar di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Toba Samosir.

Lalu imbuhnya, membangun sikap nasionalisme dan pemahaman Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pemahaman Pancasila melalui lembaga pendidikan, memberdayakan lembaga-lembaga agama, budaya dan pendidikan dalam rangka pencegahan berbagai bentuk praktik yang bertentangan dengan hukum seperti narkoba, prostitusi dan praktik gerakan radikal.

“Dan menggalakkan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pengelolaan lingkungan hidup. Mendorong terwujudnya akses pendidikan gratis bagi seluruh lapisan masyarakat. Membangun perpustakaan umum daerah berstandar internasional sebagai sarana belajar bagi seluruh lapisan masyarakat. Menyediakan layanan informasi pendidikan Kabupaten Toba Samosir di ruang-ruang publik. Mengupayakan layanan transportasi gratis bagi siswa-siswi di Kabupaten Toba Samosir,” pungkasnya.

Related posts

Corporate Sekretari Bank BTN dan Garuda Lakukan Kebohongan Publik

admin

EMERGENCY EMERGENY …Para Perampok Perampok Uang Negara Bersatu…

admin

Pesan Jendral Dan The Next Presiden of Indonesia

admin

Leave a Comment

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Facebook
Facebook
YouTube
Instagram